Alur Masuk Perguruan Tinggi (D3/S1) di Jepang

Mencari beasiswa untuk lanjut pendidikan ke Jepang adalah salah satu opsi bagus yang bisa kamu coba, tetapi untuk mendapatkan beasiswa memang perlu perjuangan besar, bersaing dengan ribuan orang. Meskipun tanpa beasiswa, lanjut pendidikan ke Jepang sangat bisa dilakukan, dengan biaya mandiri.

Biaya mandiri adalah pembiayaan tanpa beasiswa, melainkan menggunakan uang pribadi atau orang tua.

Untuk adik-adik yang mempunyai impian dan berencana untuk melanjutkan pendidikan ke Jepang, berikut ini beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Hampir semua perguruan tinggi di Jepang baik itu tingkat D3 ataupun S1 mengadakan perkuliahan menggunakan bahasa Jepang.

Karena itu, mahasiswa yang masuk ke perguruan tinggi tersebut diharuskan memiliki kemampuan bahasa Jepang level tinggi (setara N2 atau N1).

Selain kemampuan bahasa Jepang level tinggi, adik-adik juga perlu ikut ujian EJU (Examine for Japanese University).

Tes EJU ini adalah syarat yang diminta oleh sebagian besar perguruan tinggi saat mendaftar.

Hasil EJU berupa skor, jadi bukan sistim lulus atau tidak lulus. Semakin tinggi skor yang kita dapatkan, semakin banyak universitas yang bisa kita daftar.

Untuk mendapatkan kemampuan bahasa Jepang level tinggi akan sangat efektif jika belajar di Jepang, masuk ke sekolah bahasa Jepang di sana. Selain mencari sekolah yang benar-benar bagus, juga harus mencari sekolah bahasa Jepang yang punya program 進学課程 (Shingaku katei / program lanjut pendidikan), karena sekolah tersebut pasti mengadakan pelatihan EJU juga.

Secara sederhana, alurnya sebagai berikut:

  1. Belajar bahasa Jepang dasar (N5-N4) di Indonesia
  2. Belajar bahasa Jepang level tinggi (N3-N1) di Jepang
  3. Ikut tes JLPT dan EJU
  4. Ikut tes masuk perguruan tinggi yang diinginkan.
  5. Jika lulus, adik-adik tinggal masuk perguruan tingginya.

Untuk lanjut pendidikan ke Jepang, tidak boleh berpikir “yang penting ke Jepang”, tapi harus benar-benar mempersiapkan dan memilih sekolah dengan benar.

Kami Sakura JLC menerima konsultasi gratis dan siap memandu adik-adik agar bisa lanjut pendidikan di Jepang sesuai yang diinginkan.

Setiap tahun Sakura JLC membantu adik-adik untuk lanjut ke sekolah bahasa di Jepang, dan selanjutnya sekolah bahasa yang akan support penuh hingga masuk ke perguruan tinggi.

INFO & KONSULTASI

WA 081770046927 (Konsultan Elin)

021-8275-2714 (Office)

www.sakurajlc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *