You are currently viewing Budaya Jepang: 飲み会(Nomikai)/Acara Minum-minum Bersama

Budaya Jepang: 飲み会(Nomikai)/Acara Minum-minum Bersama

Apa itu Nomikai dan apa tujuannya?

Karyawan di perusahaan Jepang, atau yang lebih dikenal dengan sebutan salary-man (サラリーマン) sering mengadakan acara nomikai, acara minum bersama di kedai minum (izakaya). Acara seperti ini sangat terkenal dan suasananya sering terlihat juga di drama-drama Jepang. Minum yang dimaksud di sini adalah minum bir, osake, wine atau minuman beralkohol lainnya.

Salah seorang atasan di perusahaan Jepang mengatakan bahwa tujuan dari nomikai ini adalah “menjalin komunikasi”, baik sesama rekan kerja maupun dengan partner perusahaan lain. Menjalin komunikasi agar lebih akrab sehingga menunjang kelancaran dalam komunikasi saat bekerja. Pembicaraan saat nomikai tidak hanya masalah pekerjaan namun juga masalah-masalah di luar itu, seperti hobi, jalan-jalan dan pembicaraan-pembicaraan umum lainnya.

Waktu diadakan Nomikai:

Nomikai pada umumnya dilakukan pada malam hari setelah selesai bekerja. Pada jam di awal malam ini biasanya diadakan nomikai yang sedikit formal, seperti dihadiri oleh atasan-atasan perusahaan juga, atau dihadiri oleh banyak orang. Biasanya nomikai seperti ini disebut 一次会 (Ichijikai) atau acara pertama.

Setelah ichijikai selesai, tidak jarang ada yang melanjutkan lagi minum-minum di kedai atau bar lainnya, biasanya yang berikutnya ini dihadiri oleh orang-orang yang lebih sedikit dan lebih akrab, seperti rekan kerja satu Angkatan, satu departemen, atau sekumpulan orang yang sudah akrab. Acara kedua ini disebut 二次会 (nijikai) atau acara ke-2. Terkadang ada juga yang kembali pindah ke kedai minum lainnya untuk lanjut minum-minum juga.

Nomikai ini mungkin sudah termasuk salah satu kebiasaan yang bisa kita temui di Jepang. Orang Jepang merasa perlu adanya nomikai untuk menjalin komunikasi lebih jauh, ngobrol sana sini di luar pekerjaan juga, karena saat mereka bekerja yang dibicarakan hanyalah masalah pekerjaan saja. Berbeda dengan kebiasaan kerja di perusahaan di Indonesia. Yang pada saat bekerja juga masih banyak yang membicarakan hal-hal di luar pekerjaan.

This Post Has One Comment

  1. Rizal Eko M

    Assalamualaikum
    Mau tanya ada brosurnya dan Bisa minta kirim brosurnya tidak

Leave a Reply