25 FRASE BAHASA JEPANG YANG SERING DIGUNAKAN SEHARI-HARI

Bahasa Jepang akan semakin menarik jika kita benar-benar tahu dan bisa menggunakannya sehari-hari.

Semakin banyak kalimat yang kita ketahui akan semakin mudah menguasainya.

Kali ini saya akan mengenalkan beberapa frase pendek Bahasa Jepang yang sering sekali digunakan sehari-hari, baik dalam situasi formal maupun nonformal. Bahasa nonformal biasanya digunakan untuk suasana akrab, misalnya sesama teman atau dalam keluarga.

Pengucapannya juga mudah, pada dasarnya apa yang tertulis itu yang diucapkan.

  1. Ohayoo gozaimasu | おはようございます | Selamat pagi.

Untuk suasana non-formal yang dipakai ke teman bisa ucapkan,

Nonformal: “Ohayoo | おはよう | Pagi”

Untuk menjawabnya, ucapkan kembali yang sama.

  1. Konnichiwa|こんにちは|Hi / Selamat siang

‘Konnichiwa’ selain artinya ‘selamat siang’ juga sudah dipakai untuk salam secara umum, maknanya seperti ‘hi’ atau ‘halo’ untuk menyapa.

Nonformal: “Konnichiwa|こんにちは|Siang”

  1. Konbanwa|こんばんは|Selamat malam

Konbanwa dipakai untuk salam di malam hari. Untuk nonformalnya juga sama.

Nonformal: “Konbanwa | こんばんは|Malam”

  1. Ogenki desu ka? |お元気ですか|Apa kabar?

Kita bisa gunakan beberapa variasi frase berikut untuk menjawab pertanyaan ‘Ogenki desu ka?’

  • Haik, genki desu |はい、元気です|
  • Okagesamade genki desu | おかげさまで、元気です|Berkat do’a Anda, sehat.
  • Maa maa desu|まあまあです|Lumayan baik.
  • Amari genki ja arimasen | あまり元気じゃありません|Tidak terlalu sehat.
  • Chotto kaze desu | ちょっと風邪です|Sedikit flu.
  • Kaze o hiite imasu | 風邪をひいています|(saya) flu/demam
  • Chotto atama ga itai desu | ちょっと頭が痛いです | Sedikit sakit kepala
  • Kaze gimi desu | 風邪気味です | Rasanya mau flu

Atau, untuk suasana nonformal:

Genki | 元気?| Pa kabar?/sehat?

Untuk menjawabnya:

  • Un, genki da yo | うん、元気だよ | Baik
  • Maa maa | まあまあ|Lumayan
  • Amari genki janain da | あまり元気じゃないんだ|Ngga terlalu sehat
  • Chotto kaze da ne | ちょっと風邪だね|Sedikit flu
  • Chotto atama itai | ちょっと頭痛い|Agak sakit kepala
  • Kaze hiiteru ne | 風邪ひいてるね|Flu nih
  • Kaze gimi | 風邪気味|Rasa-rasa mau flu

Biasanya percakapan dilanjutkan dengan bertanya kembali kabar lawan bicaranya,

…san wa doo desu ka? | ○○さんはどうですか?| Pak/Bu….bagaimana?

Atau untuk nonformal:

Socchi wa doo? | そっちはどう?| Kamu sendiri gimana?

  1. Ja, mata | じゃまた | Sampai nanti

Untuk mengucapkan ‘Sampai nanti’ cukup banyak variasinya,

  • Ja mata | じゃまた|Sampai bertemu
  • Mata atode | またあとで|Sampai nanti
  • Mata ashita | また明日|Sampai besok
  • Mata raishuu | また来週|Sampai minggu depan

Untuk nonformal:

  • Jaa ne | じゃあね|Sampai nanti yaa.
  • Mata atode ne | またあとでね|Sampai nanti ya.
  • Mata raishuu ne | また来週ね|Sampai minggu depan ya.
  1. Otsukare sama desu | お疲れ様です| Terimakasih kerjakerasnya hari ini

Frase ini sudah umum sekali digunakan terutama di dunia kerja, sebagai pengganti salam sehari-hari.

Jika bertemu dengan orang lain di dalam perusahaan kita bisa menggunakan kalimat ini untuk bertegur sapa. Atau saat usai bekerja kita mengucapakan “Otsukare sama deshita | お疲れ様でした”

Untuk sesama teman kerja biasanya cukup dengan “Otsukare | お疲れ”

Dengan makna yang sama, biasanya dari atasan ke bawahan lebih sering dipakai

“Go kurou san | ご苦労さん”

  1. Ki o tsukete kudasai | 気をつけてください | Hati-hati

Nonformal: “Ki o tsukete ne | 気を付けてね|Hati-hati ya.”

Bagaimana merespon orang yang mengatakan “Ki o tsukete kudasai” atau “Ki o tsukete” ke kita?

Untuk suasana formal kita bisa mengucapkan “Haik, ki o tsukemasu | はい、気を付けます”

Atau untuk yang lebih nonformal: “Un, ki o tsukeru | うん、気を付ける”

  1. Ganbatte kudasai | 頑張ってください | Semangat ya

Nonformal: “Ganbatte ne | 頑張ってね!|Semangat ya”

Bagaimana cara merespon kalau ada yang bilang ‘Ganbatte kudasai’ atau ‘ganbatte ne’ ke kita?

Untuk nuansa lebih formal bisa mengucapkan “Haik, ganbarimasu | はい、頑張ります|(Aku akan) semangat.”

Atau untuk yang lebih nonformal: “Un, ganbaru yo | うん、頑張るよ|ya, aku semangat”

  1. Dame desu | だめです | Tidak boleh

Nonformal: “Dame! | だめ!”

“Koko de tabako o suttemo ii? | ここでたばこを吸ってもいい?| Boleh ngrokok di sini?”

“Dame | だめ | Ngga boleh”

  1. Daijoobu desu ka? | 大丈夫ですか? | Tidak apa-apa?

Nonformal: “Daijoobu? | だいじょうぶ?”

Dalam bahasa Inggris “Are you okay?”

Contoh kalimat:

“Sumimasen, ima jikan daijoubu desu ka? | すみません、今時間大丈夫ですか?|Maaf, apakah sekarang ada waktu?”

“Ee, daijoobu yo|ええ、大丈夫よ | Ya, ngga apa2”

  1. Sumimasen | すみません | Maaf

Nonformal: “Sumimasen |

  1. Onegaishimasu | お願いします|Mohon, minta tolong

Nonformal: “Onegai | お願い”

Dipakai di akhir kalimat minta tolong atau memohon sesuatu.

  1. Shitsurei shimasu | 失礼します|Permisi

Nonformal: “Shitsurei shimasu | 失礼します”

Jika masuk ruangan, bisa ucapkan “Shitsurei shimasu”

  1. Moo ichido | もう一度|Sekali lagi

Nonformal: “Moo ichido | もう一度 | Sekali lagi”

Contoh kalimat:

“Sensei, moo ichido setsumei shite kudasai | 先生、もう一度説明してください|[i]Sensei, tolong jelaskan sekali lagi”

“Moo ichido onegaishimasu | もう一度お願いします| Tolong sekali lagi.”

  1. Haik, soo desu |はい、そうです|Ya, benar

Nonformal: “Un, soo | うん、そう”

Contoh kalimat:

“Anata wa Indoneshia jin? | あなたはインドネシア人?|Kamu orang Indonesia?.”

“Haik, soo desu | はい、そうです|Iya, benar.”

  1. Iie, chigaimasu | いいえ、違います|Bukan

Nonformal: “uun, chigau | ううん、違う”

Contoh kalimat:

“Kore wa anata no? | これはあなたの?” Ini punya kamu?”

“Uun, chigau yo | ううん、違うよ|Oh, bukan.”

  1. Hontoo desu ka? | 本当ですか?|Yang benar?

“Haik, hontoo desu | はい、本当です | Ya, benar”

Nonformal: “Hontoo? | 本当?”

“Un, hontoo | うん、本当 | Iya bener”

Contoh kalimat:

“Sono hanashi tte hontoo? | その話って本当?| Pembicaraan (tentang) itu beneran?”

“Hontoo na no kana? | 本当なのかな|Emang beneran ya.”

  1. Wakarimashita ka? | 分かりましたか?|Apakah sudah mengerti?

Nonformal: “Wakatta? | 分かった?”

Contoh kalimat:

“Koko made wakarimashita ka? | ここまで分かりましたか?| Sampai sini sudah mengerti?”

“Haik, wakarimashita | はい、分かりました|Ya, sudah (mengerti).”

  1. Mada desu | まだです|Belum

Nonformal: “Mada | まだ”

Contoh kalimat:

“Wakarimashita ka? | 分かりましたか?|Sudah mengerti?.”

“Mada desu | まだです|Belum.”

“Benkyoo shita? | 勉強した?|Udah belajar?”

“Mada | まだ|Belum.”

  1. Doo iu imi desu ka? | どういう意味ですか?|Maksudnya/artinya bagaimana?

Nonformal: “Doo iu imi? | どういう意味?”

Misalnya ada percakapan yang tidak tau maksudnya:

“sore wa doo iu imi desu ka?|それはどういう意味ですか?|Itu maksudnya gimana?”

“Imi wakarimasen | 意味わかりません|Tidak tau maksudnya/artinya (yang kamu bicarakan).”

  1. Dore desu ka? | どれですか?| Yang mana?

Nonformal: “Dore? | どれ?”

Contoh kalimat:

“Anata no kasa wa dore? | あなたの傘はどれ?|Payung punya kamu yang mana?”

“Sore desu|それです|Yang itu”

  1. Sugoi desu | すごいです|Hebat

Nonformal: “Sugoi | すごい”

Contoh kalimat:

“Sore mo dekiru no, sugoi ne | それもできるの、すごいね|Itu bisa juga ya, hebat”

“Nihongo ga totemo joozu de, sugoi ne|日本語がとても上手で、すごい!|Bahasa jepangnya pintar sekali, hebat ya!”

“Iie, tondemo nai desu | いいえ、とんでもないです|Oh tidak sebegitunya.”(jika dipuji frase ini bagus untuk menjawab)

Kata ini juga bisa digunakan untuk nada negative, misalnya:

Seseorang yang sudah dating terlambat, di tempat kerja atau di sekolah malah tidur dan malas-malasan.

“Anata sugoi ne |あなたすごいね|Kamu luar biasa ya” (dalam makna negatif)

  1. Omoshiroi desu| 面白いです|Lucu, menarik

Nonformal: “Omoshiroi | 面白い|Seru, lucu, menarik”

Contoh kalimat:

“Sore wa omoshiroi desu ne |それは面白いですね| Itu menarik ya.”

“Omoshirosoo | 面白そう|Keliatannya menarik.”

  1. Joodan desu | 冗談です|

Nonformal: “Joodan | 冗談”

Contoh kalimat:

“Joodan wa yamete kudasai | 冗談はやめてください|Berhenti bercanda ya”

“Joodan iwanaide|冗談言わないで!|Jangan becanda!”

“Joodan wa hodo-hodo ni shite | 冗談はほどほどにして|Becandanya jangan keterlaluan dong.

  1. Chotto matte kudasai | ちょっと待ってください|Tunggu sebentar

Untuk kondisi yang lebih formal biasanya digunakan “Shoo-shoo omachi kudasai | 少々お待ちください | Mohon tunggu sebentar”

Nonformal: “Chotto matte! | ちょっと待って!| Tunggu bentar.”

Silakan segera praktekkan ya^^

Jika belum ada teman ngobrol, teman-teman bisa berlatih sendiri terlebih dahulu. Ucapkan sesering mungkin sampai terbiasa.

Tunggu artikel menarik kami selanjutnya ya.

——INFO PENDAFTARAN KELAS BAHASA JEPANG—–

Pendaftaran kelas Bahasa Jepang dibuka di semua cabang SAKURA JLC. Untuk kelas mulai dari NOL atau lanjutan dari tingkat sebelumnya.

  1. Kelas REGULER (Pilihan jadwal malam atau sabtu atau minggu)
  2. Kelas INTENSIF (Jadwal Senin- Jum’at 09:00-15:00)
  3. Kelas Privat (Waktu fleksibel)
  • Cabang Kayuringin (Jl.Gunung Patuhan Blok 13 No 7 Kayuringin, Bekasi Selatan)
  • Cabang Grand galaxy (Jl.Boulevard Raya, Ruko Grand Galaxy City RSN 7 No.5, Jakasetia, Bekasi Selatan)
  • Cabang Tambun (Jl.Sultan Hasanuddin Ruko Permata A2-17, Metland Tambun, samping hotel @HOM)
  • Cabang Cikarang (Jl. MH.Thamrin, Ruko Menteng Blok C-10, Lippo Cikarang)
  • Cabang Kota Harapan Indah (Ruko Cemara Blok U7 No 27 Bundaran Pasar Modern, Kota Harapan Indah)

Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar di lembaga kursus Bahasa Jepang terbaik dan terfavorit, dipandu oleh guru profesional dan berpengalaman dan harga terjangkau.

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi admin di WA 0812 8100 1781

Kuota perkelas hanya 10 siswa.

Kami tunggu ya^^

——————-END————————

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*