TIPS & TRIK MENGUASI KANJI DENGAN CEPAT

Metode Menguasai Kanji Dengan Cepat
Oleh:Gagat sukmono
CEO Sakura JLC

Bagi pembelajar Bahasa Jepang yang benar-benar ingin mahir berbahasa Jepang, haruslah juga menguasai huruf-huruf yang aktual digunakan di Jepang, termasuk Kanji.

Bahasa itu tidak semata sebuah materi pelajaran, melainkan jauh lebih dari itu. Karena di dalamnya menyangkut, komunikasi, cara hidup, budaya, pola pikir dan kebiasaan-kebiasaan yang berlaku pada masyarakatnya.

Jadi, Bahasa Jepang dengan huruf Jepang itu mutlak tidak bisa dipisahkan.

Namun, kenyataannya, jumlah Kanji Jepang juga tidak sedikit.
Setidaknya ada kurang lebih 2000 kanji yang musti kita kuasai untuk hidup setingkat orang Jepang Jepang dalam menjalani keseharian.
Penguasaan Kanji hingga sebanyak 2000 huruf itu masuk dalam pembelajaran level JLPT N1, tingkat tertinggi dalam Bahasa Jepang.

Di usia 19 tahun, setelah belajar Bahasa Jepang kurang lebih 1 tahun 2 bulan saya berhasil lulus tingkat Bahasa Jepang tertinggi, yang berarti kurang lebih menguasai hampir 2000 kanji. Itu yang membuat saya tidak pernah mengalami kesulitan dalam berinteraksi secara lisan maupun tulisan, selama menempuh bangku perkuliahan di Jepang maupun dalam keseharian.

Dari pengalaman selama mempelajari Bahasa Jepang, saya menemukan banyak cara efektif dalam mempelajari Bahasa Jepang. Dan kali ini yang akan saya bagikan adalah beberapa tips & trik untuk menaklukkan kanji secara EFEKTIF.

1.Pola Pikir yang benar-Hindari Kuchiguse

“Kuchiguse” itu adalah kebiasaan mulut mengeluarkan kata-kata tertentu…yang seringnya bersifat negatif.
Stop membiasakan mulut berujar bahwa kanji sulit, kanji sulit…pusing!
Ucapan yang terbiasa akan menstimulasi otak agar bekerja sesuai apa yang diasumsikan. Kalau kalian termasuk salah satu yang menganggap kanji sulit, lebih baik segera perbaiki jika benar-benar ingin menguasai Bahasa Jepang.
Kenapa Kanji terlihat sulit? Itu semata karena bentuk yang tidak biasa kita lihat dan jumlahnya cukup banyak.
Cara belajarnya itu sangat mudah, hanya banyak saja. Untuk menaklukkan sesuatu yang banyak, caranya mudah, alokasikan waktu lebih banyak dan dengan metode dan alat yang tepat biar lebih efektif.
Terutama jika kita memulai belajar ketika sudah dewasa.

2.Maksimalkan Penggunaan Pancaindera untuk menguasai Kanji

Seorang neurolog Jepang, Kenichiro Mogi menyebutkan bahwa yang dapat mengingat atau menghafal tidak hanya otak, tapi juga seluruh tubuh kita. Prof.Rhenald Khasali menyebutkan Myelin sebagai jaringan otot pada tubuh yang mampu menyimpan memori.
Karena itu, seluruh panca indera harus dimanfaatkan secara maksimal untuk membantu kita menguasai Kanji.

Mata, harus digunakan untuk membaca kanji sebanyak2nya tiap hari. Melalui artikel di internet, buku-buku, aplikasi, alat belajar kanji, dsb.
Telinga, bisa dimaksimalkan dengan cara mendengar dari banyak sumber info berbahasa Jepang. Saat mendengar kita bisa sambil membayangkan bagaimana cara menulis kanji dari kosakatanya sedang diucapkan. Latih juga kemampuan membayangkan tulisan dari sumber audio, selain bisa dipakai untuk mempelajari kanji bisa juga sebagai sarana berlatih menjadi penerjemah.
Tangan, kanji itu akan semakin cepat dikuasai jika semakin sering ditulis.Berapa banyak kalian menulis tangan akan semakin hafal. Suatu ketika tangan akan menulis sesuai ritmenya dan terasa aneh jika menulisnya salah.

3. Gunakan Alat Bantu

Saat ini penggunaan aplikasi saat belajar kanji juga semakin meningkat, di internet juga dengan mudah bisa kita temukan materi2 kanjinya.

Tetapi aplikasi kadang tingkat akurasinya tdk terlalu tinggi, apalagi yang gratisan.

Materi di internet sendiri kebanyakan pakai bahasa inggris dan artinya kadang perlu penjelasan lebih karena sifatnya yang terlalu umun.

Untuk mendapatkan alat bantu yang tepat sebenarnya sederhana. Kita bisa pakai Kartu Menghafal Cepat atau sering disebut FlashCard Kanji.

Kartu Kanji N5 dan N4
Belajar Jauh Lebih Cepat&Lebih Banyak

Flashcard sangat efektif untuk belajar sebenarnya.
Cara kerja flashcard itu, ada sisi yang dipakai untuk belajar, sisi lainnya untuk konfirmasi.

Misalnya flashcard kanji Sakura bagian belakang berisi cara penulisan dan beberapa kata yang terbentuk dari kanji tersebut.

Kanji (Cara bacanya bisa HITO, bisa JIN, bisa NIN) pemakaiannya seperti pada kata2 berikut:

Kalau berdiri sendiri dibaca HITO yang artinya ORANG.

Ketika digabung dengan kanji lain, cara bacanya menyesuaikan.
日本 (Nihonjin | Orang Jepang)
1(Hitori | Satu orang)*khusus
3(San-nin| tiga orang)

Nah nanti di bagian depannya ada beberapa kata dalam kanji yang tidak dituliskan cara bacanya, kita yang nebak.

Cara seperti ini membuat fokus kita sangat meningkat. Belajar dulu bagian belakang, setelah sepuluh menit coba tes lihat bagian depan. 10 menit bisa sampai 5 kartu atah 20 an kata dalam kanji.
Tinggal diulang2 saja setelah itu.

Tetapi perlu hati2 mencari Flashcard pelajaran seperti ini, pastikan memperoleh dari toko buku atau penerbit terpercaya atau dari lembaga profesional Bahasa Jepang.

Di Sakura JLC juga menyediakan Flashcard mulai dari Hiragana, Katakana, Kanji N5, Kanji N4, Kata Benda sehari-hari, dsb.
Sedikit promosi, order boleh ke 0812 8100 1781 (WA).

 

4. Pengulangan
Repetition is mother of skill”
Pengulangan adalah ibu dari segala keahlian.
Demikian juga kalau kalian ingin menguasai kanji. Harus banyak diulang jangan bosan, sampai benar2 nempel di kepala dan tubuh.

Pengulangan itu banyak caranya,
– Membaca buku, novel, artikel
– Nonton TV, youtube
Biasanya muncul di bagian bawahnya teks Bahasa Jepang.
– Belajar buku kanji dan tulis sebanyak2nya
– Gunakan Flashcard
Dsb.

Demikian 4 Tips & Trik yang bisa kalian coba untuk menaklukkan Kanji.

“Kanji itu cuma banyak doang, alokasikan waktu lebih banyak maka mereka akan bertekuk lutut”

Silakan share artikel berikut jika dirasa bermanfaat.

Pastikan untuk tetap menuliskan sumbernya.

www.sakurajlc.com

Gagat sukmono,B.Eng

Flash Card KANJI dapat diorder ke WA 0812 8100 1781

ig @sakurajlc